Shimla, Salah Satu Kota Kecil Tertinggi di Dunia


SUKA menikmati pemandangan rangkaian pegunungan, Shimla adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi. Shimla adalah kota kecil yang berada di ketinggian lebih dari 2000 meter atau kota paling tinggi di dunia.

Sebelum mengunjungi tempat ini, pastikan dulu bahwa tubuh Anda sudah siap dengan suhu udara yang dingin, bahkan sangat dingin di saat musim dingin.

Daerah The Ridge, The Mall, dan Scandal Point. Tiga daerah ini adalah daerah non vehicle. Kebijakan ini membuat Shimla bebas polusi. Udara sangat bersih dan segar. Lagipula, dengan berjalan kaki Anda akan lebih menikmati rangkaian pegunungan yang memagari kota kecil ini.

Rangkaian pegunungan yang bertingkat-tingkat dengan puncaknya adalah Pegunungan Himalaya yang tertutup salju abadi, adalah pemandangan indah yang akan Anda temui. Selain itu deretan etalase toko yang berjajar sepanjang The Mall, menambah asyiknya acara “cuci mata” Anda.

Di The Mall, apapun yang Anda inginkan, bisa di temukan di wilayah ini. Mulai dari deretan toko pakaian hingga cafe. Tidak hanya produk lokal, melainkan juga produk import. Jika Anda berjalan turun menyusuri tangga dari The Mall, maka Anda akan tiba di Middle Bazaar. Meskipun tidak secantik The Mall, Anda akan menemukan berbagai produk lokal seperti tas dan kaus kaki dengan harga lebih murah.

Sementara itu, di area The Ridge, Anda bisa melihat sebuah gereja yang menjulang tinggi. Gereja dengan dinding berwarna kuning ini adalah gereja nomor dua tertua di India. Selain itu di wilayah The Ridge juga terdapat perpustakaan, beberapa cafe dan bar, dan bangku taman yang bisa menjadi tempat Anda sekadar bersantai menikmati sinar matahari maupun sunset.

Meskipun usianya sudah tidak muda lagi, Shimla City tetap “menyegarkan” mata. Pemerintah dan warga sangat menjaga keaslian bangunan yang sudah ada sejak jaman penjajahan lnggris ini. Bangunan-bangunan tua tersebut bukan hanya dalam kondisi terawat, tapi juga tetap berfungsi hingga kini.

Ada beberapa tempat menarik lainnya yang tidak terlalu jauh dari Shimla City, yaitu Viceregal Lodge and Botanical Garden (kurang lebih 5km dari Scandal Point), Himachal State Museum (3km arah barat Scandal Point) dan Jakhu Temple di utara kota (sekitar 45 menit berjalan kaki dari Scandal Point). Bila Anda ingin mengunjungi Jakhu Temple, saat yang paling tepat adalah di pagi hari, karena udara masih sangat segar dan matahari tidak terlalu terik.

Siapkan fisik Anda karena perjalanan menuju Jakhu Temple membutuhkan stamina tinggi dan semangat pantang menyerah. Jalanan menuju kuil ini selalu menanjak dan sesekali mendaki bukit. Di sepanjang perjalanan, Anda bisa menyaksikan ulah monyet-monyet yang bergelantungan di pepohonan.

Jakhu Temple adalah kuil yang didedikasikan untuk memuja dewa kera, Hanuman. Banyak sekali kera berkeliaran di sekitar kuil ini. Hati-hati! Karena mereka bisa tiba-tiba menjadi garang dan menyerang para pengunjung. Untungnya sebelum memasuki kuil, Anda bisa menyewa tongkat untuk menghalau kera-kera tersebut.

Setibanya di kuil. Anda bisa merasakan suasana yang nyaman. Ada beberapa bangku taman untuk Anda duduk-duduk beristirahat sambil menghirup udara segar dari sekeliling hutan yang mengelilingi kuil. Kuil ini adalah puncak tertinggi di utara The Ridge. Dari kuil ini, kita bisa melihat pemandangan Shimla City di bagian bawah dan begitu juga dengan puncak bersaiju Himalaya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar